Pages

Thursday, September 27, 2012

Pendidikan dan Tanggung Jawab Negara


Beberapa hari belakangan tema ini sempat menjadi head line di media nasional. Dalam 1 pekan, 2 nyawa pelajar melayang di Jakarta akibat tawuran. Untuk teman, saudara, dan keluarga besar almarhum, saya sampaikan duka sedalam-dalamnya, semoga almarhum diberikan tempat terbaik disisi Nya.
Tidak ada yang tidak terusik dengan kejadian ini. Kegeraman pada sang pembunuh seolah menjadi hal yang lumrah dalam situasi ini.
 .

Mulai dari Pakar Psikologi, Public figure, politikus, hingga negarawan kita yang berkomentar. Namun sampai detik ini saya masih bingung dan tidak mengerti “ Mengapa ini bisa terjadi ? Apa jalan keluarnya ?”.
Saya teringat masa-masa sekolah dulu, fanatisme dan permusuhan antar siswa sekolah bukanlah barang baru, silahkan tanya ke orang tua kita, apakah mereka mengalaminya ? malah hal-hal seperti ini menjadi satu bagian dalam memori masa SMP dan SMA. Seiring dengan pertumbuhan mulai dari tahap remaja hingga dewasa, sebagian besar dari kita pasti mengalaminya.

Kebetulan saya menemukan Buku psikologi Remaja, terbitan 1986, sudah lama bukan. Judul buku ini “Kenakalan Remaja dalam perspektif pendekatan sosiologis-psikologis-teologis dan usaha penanggulanannya”, oleh Bambang Mulyono, penerbit ANDI Offset, Yogyakarta. Saya kembali baca judulnya, apakah masih Relevan di masa-masa sekarang? Dengan fakta yang terjadi disekitar kita, masih bisakah kita menerima  kata “kenakalan”? Apakah jauh lebih melegakan kalau edisi terbaru seri ini  menggunakan kata “Kebrutalan”? Ok, terlepas dari maslah etomologi, Inti pembahasan dalam buku ini yaitu melihat  permasalahan remaja ini dari sudut Makro dan keluarga/Mikro. Kebijakan Pemerintah dalam bidang Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Hukum dan Pendidikan memberikan pengaruh langsung pada perkembangan mental generasi muda Indonesia. Pertanyaan besarnya… apakah Birokrat menyadarinya ?

Situasi yang terjadi di Jakarta bukanlah masalah 2 individu. Tidak cukup mengadili dan memburu pelaku-pelaku yang diasumsikan sebagai “aksi tunggal”. Ini aksi kolektive bung ! Ini adalah impack. Mari mengendalikan rasa kaget kita. Kejadian ini hanyalah satu dari sekian banyak modus yang bisa muncul dari akar masalah yang sama, yaitu Ekonomi dan Tingkat Pendidikan. Saya hampir  tidak memiliki cukup keberanian untuk membayangkan kemungkinannya.  Kalau anak kemarin sore saja sudah memiliki “rasa puas” dengan membunuh bagaimana dengan ….. ah sudahlah. Ditengah  kegalauan ini, tidak henti-hentinya para pejabat saling melempar tanggung jawab, ada yang bilang ini menjadi tugas masyarakat, ada lagi ini bentuk kegagalan pendidikan, yang lain berkata keluarga tidak berperan aktif, atau ada sedikit yang ingin beda, ini akibat kurangnya tuntunan agama, hukum tidak tegas dan lain-lain mulai A sampai Z, sampai kita sendiri dibuat bingung sebenarnya yang kita mau lakuin itu apa. Ah  What ever…

Dalam beberapa situasi, kita mengenal variabel “Given”, yaitu faktor – faktor yang kita harus terima tanpa tahu kenapa. Seperti misalnya Suku, Ras, Jenis Kelamin. Untuk di Indonesia sepertinya Pendidikan sudah sangat layak menjadi salah satunya. Saya memiliki Hipotesa “ Pendidikan yang baik bisa didapat jika memiliki kondisi ekonomi keluarga yang baik”. Bagi  kalangan masyarakat yang memiliki ekonomi kurang, ya tidak ada pilihan. Ada yang bilang SMAN 6 dan SMAN 70 sekolah favourite. Saya hampir tidak bisa percaya, apa sih ukuran sekolah favorite? Dari tingkat kelulusan? Dari rata-rata nilai? Dari kelengkapan fasilitas sekolah ? Kalau out put mentalitas siswanya saja seperti ini. Berarti Grading Sekolah di DKI perlu di Evaluasi lagi indicatornya. Poinnya tidak ada banyak pilihan bagi kalangan ekonomi bawah. Jika Hipotesa ini benar, berarti negara sudah gagal. Kapitalisasi Pendidikan telah mendorong bangsa ini menuju Jurang. Dan inilah akar dari semua masalah sosial yang terjadi.

Artikel terkait dengan dunia pendidikan dapat dilihat di Link berikut : 
http://www.dedylondong.blogspot.com/2012/02/perbaikan-sistem-pendidikan-untuk.html

3 comments:

  1. www.profesionalcustoms.com
    www.undernameimport.com
    https://importundername.com
    https://msalogistics.co.id
    Jasa Import Undername Murah, Jasa Import Door To Door dan Jasa Forwarder Import, Paham Dengan Prosedur Export Import di Indonesia, Jasa Kepabeanan Lancar, Perusahaan Undername Import , Jasa Import Borongan All-In, Customs Dokumen Import, Jasa Ekspedisi Cepat, Jasa Emkl-Imkl, Undername Import Kuota SPI Besi Baja, Undername Import Biji Pastik, Freight Forwarding, Forwarder Terkemuka, Domestics Aman

    ReplyDelete
  2. If you had financial problems, then it is time for you to smile. You only need to contact Mr. Benjamin  with the amount you wish to borrow and the payment period that suits you and you will have your loan in less than 48 hours. I just benefited for the sixth time a loan of 700 thousand dollars for a period of 180 months with the possibility of paying before the expiration date. Make contact with him and you will see that he is a very honest man with a good heart.His email is lfdsloans@lemeridianfds.com and his phone number is + 1-989-394-3740  WhatApp.

    ReplyDelete
  3. Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    ReplyDelete