Pages

Monday, August 22, 2011

Link Between Manufacture and University

Denpasar, 22 Agustus 2011, Pk. 19.30 WITA


Selamat malam,

Tiga puluh menit yang lalu, saya baru ada meeting dengan Prof. Semadi dari Universitas Udayana.
Tahun ini perusahaan kami berencana untuk upgrade ISO 9001 ke 22000 untuk memperkuat aspek pengendalian " food safety ". Dan kami meminta bantuan Prof. untuk pendampingan. Mudah-mudahan jika sesuai rencana, January 2012 kami sudah mendapatkan sertifikasi.

Poin tulisan saya kali ini bukan di masalah up grade sistemnya lho ya. Tapi lebih ke arah " Link" antara Manufacture dan University. Saya barangkali satu dari sekian orang yang sangat percaya dengan statement bahwa University adalah sumber ilmu dan pusat pengembangan.
Kenyataannya, University di Indonesia memiliki pemikir-pemikir yang luar biasa bagus untuk membantu manufacture dalam hal, design produk, analisa proses, hingga kearah Riset dan Development. Bagaimanapun Manufacture di Indonesia saat melakukan teknik analisis dan pengambilan keputusan tidak memiliki landasan teoritis yang kuat dan kurang ilmiah. kalau boleh saya katakan pola kita masih mengedepankan insting, karena informasi-informasi pendukung lemah dan kurang.


Bentuk kerja sama ini merupakan salah satu solusi yang tebaik. Kondisi ini akan memberikan dampak sangat baik bagi kedua institusi. Manufacture mendapat ide yang murni, sedang University akan semakin memahami kebutuhan - kebutuhan manufacture. Dengan semakin baiknya institusi pendidikan dalam memahami dunia manufacture, otomatis akan berdampak pada penyesuaian pola pendidikan. Hasilnya, Manufacture akan mendapatkan lulusan-lulusan yang unggul dan siap. Generasi unggul ini akan menjadi asset penting saat manufacture memiliki target untuk "menguasai pasar".
Jika anda praktisi dan decision maker di perusahaan .... Jangan tunggu lagi, sekaranglah waktunya untuk melakukan ini.




manufacture



No comments:

Post a Comment